sql server backup restore

Sql Server Backup Restore, Tutorial Dan Penjelasan

Berikut saya akan mencoba untuk men-contohkan bagaimana cara backup dan restore database menggunakan sql server. Backup dan restore database merupakan hal mendasar yang sangat penting untuk di pahami. Mem-backup database akan lebih baik di lakukan secara periodik (dengan menggunakan sql server agent misalnya), namun kali ini kita akan membahas cara backup dan restore nya dulu saja.

BACA JUGA : Tutorial backup database mysql secara otomatis menggunakan cron job pada OS linux

Untuk mem-backup database sql server bisa di lakukan dengan menggunakan sql syntax maupun dengan menggunakan wizard berbasis GUI. Untuk contoh kali ini kita akan coba menggunakan sql syntax, dan yang akan kita lakukan adalah full database backup, ada juga yang di sebut differential backup yang hanya akan mem-backup bagian database yang berubah setelah full backup yang sudah di eksekusi sebelumnya).

Pertama-tama buka dan login pada sql server management studio. Untuk contoh kali ini yang akan di pakai adalah database coba_backup_restore. Klik new query pada SSMS dan masukan perintah berikut :

USE coba_backup_restore;
GO
BACKUP DATABASE coba_backup_restore
TO DISK = 'D:\BACKUP\coba_backup_restore.bak'
WITH NOFORMAT, NOINIT, NAME = N'Full Backup of coba_backup_restore DB', SKIP, NOREWIND, NOUNLOAD, STATS = 10
GO

Yang perlu di perhatikan adalah perintah TO DISK, di dalamnya kita isikan di-directory mana dan apa nama file backup database kita. Setelahnya ada argumen with yang berisi noformat (yang artinya media header akan tetap disimpan), noinit (akan menambahkan backup set kita pada backup media) dll (jika tertarik untuk memahami detail penjelasan seputar with options https://docs.microsoft.com/en-us/sql/t-sql/statements/backup-transact-sql?redirectedfrom=MSDN&view=sql-server-ver15).

Jika file berhasil di-generate, maka kita bisa melanjutkan pada proses restore database. Restore database sendiri terdiri dari differential dan full database backup, untuk saat ini kita hanya akan mencoba full db backup. Ketikan perintah berikut pada SSMS :

use master
GO
RESTORE DATABASE coba_backup_restore
FROM DISK = 'D:\BACKUP\coba_backup_restore.bak'
WITH RECOVERY
GO

Untuk men-simulasikan proses backup restore ini, pada contoh kali ini di db coba_backup_restore terdapat table users yang berisi data :

userId      nama                 alamat
1           nama user 1          alamat user 1
2           nama user 2          alamat user 2
(2 row(s) affected)

Kita truncate (hapus semua data) table users dengan perintah :

use coba_backup_restore
truncate table users

Maka table users seharusnya sudah kosong, setelahnya barulah kita jalankan perintah restore. Dan jika berhasil maka data yang sebelumnya hilang pada table users bisa kita akses kembali. Demikian lah contoh backup restore pada database sql server, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *