tutorial javascript

Library Javascript Terbaik

Kali ini saya akan membahas beberapa library javascript terbaik versi saya, artikel ini ditujukan bagi teman-teman developer pemula (seperti saya) yang baru mulai atau sedang mempelajari bahasa pemrograman javascript. Saya katakan terbaik karena hampir disetiap project yang saya kerjakan saya menggunakan library-library ini. Selain karena mudahnya penggunaan, lengkapnya dokumentasi, kemudahan saat kita hendak men-custom dan juga lisensi yang open source membuat saya hampir selalu menggunakan library-library javascript ini. Dan berikut ini adalah list dari library javascript terbaik menurut saya.

BACA JUGA : https://soft-gain.com/2019/03/07/chained-dropdown-dengan-php-laravel-mysql-dan-ajax-jquery/

Daftar Library Javascript Terbaik

Berikut ini adalah daftar library javascript terbaik menurut saya, yang mungkin belum anda ketahui :

1. CKEditor

Library Javascript Terbaik
CKEditor

Jika anda membutuhkan sebuah text editor yang mendukung penggunaan rich text format RTF, maka library javascript yang satu ini bisa anda coba. Namanya adalah CKEditor, mengacu pada informasi di website resminya CKEditor sendiri pertama kali dibuat tahun 2003 oleh Frederico Knabben dan timnya, hingga sekarang masih terus dikembangkan dan memiliki 2 mayor version yaitu CKEditor 4 dan 5. Jika tertarik anda bisa langsung mengunjungi dokumentasi resminya di (https://ckeditor.com/docs/ckeditor4/latest/).

2. canvasJS

Library Javascript Terbaik
canvasJS

Anda ingin membuat sebuah tampilan dashboard yang menampilkan beberapa grafik chart sebagai re-presentasi data? canvasJS bisa menjadi solusi yang sangat membantu untuk anda. Library buatan Fenopix ini (sebuah perusahaan yang menfokuskan diri pada bidang visualisasi data), sudah mulai dirilis dari tahun 2013 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Selain karena implementasi yang mudah dan dokumentasi yang lengkap, Fenopix selaku pengembang juga meng-klaim mudahnya integrasi dengan beberapa popular front end frameworks, jika tertarik silahkan kunjungi dokumentasi resminya di (https://canvasjs.com/docs/charts/basics-of-creating-html5-chart/).

3. DataTables

Library Javascript Terbaik
DataTables

Berikutnya ada DataTables, library buatan Allan Jardine (https://sprymedia.co.uk/index) ini pertama kali dirilis tahun 2007 dan masih dikembangkan hingga saat ini. Library javascript ini akan membantu kita dalam pengolahan data berbentuk table dari sisi front end. Library ini dapat secara otomatis membuatkan pagination, kolom pencarian, sorting per-kolom dan lain-lain. Jika anda tertarik bisa langsung dipelajari saja di dokumentasi resminya (https://datatables.net/examples/index).

4. Select2

Library Javascript Terbaik
Select2

Library javascript buatan Kevin Brown ini (https://kevin-brown.com/), dapat digunakan untuk me-manipulasi tag html select konvensional dengan bentuk yang lebih modern dan menarik untuk dilihat oleh user. Bukan hanya saja menambahkan sebuah kolom pencarian yang akan memudahkan user, library ini juga memungkinkan kita untuk membuat sebuah list option dengan multiple choices. Jika tertarik menggunakan library javascript ini bisa langsung dipelajari di dokumentasi resminya (https://select2.org/).

5. MomentJS

Anda pernah menggunakan Carbon pada PHP untuk memanipulasi waktu? Jika anda membutuhkan library dengan fungsi serupa namun dengan bahasa pemrograman javascript maka momentJS adalah jawabannya. Library javascript yang satu ini mulai dikembangkan dari tahun 2011 dan sampai saat ini masih terus mendapatkan update (informasi ini saya dapat dari repository code nya di github). Penggunaannya yang mudah dan dokumentasi-nya yang lengkap membuatnya menjadi salah satu library javascript yang selalu saya gunakan pada project yang saya kembangkan. Silahkan pelajari dokumentasi resminya di (https://momentjs.com/).

Penutup

Demikianlah informasi yang saya hendak bagikan kali ini. Mungkin saja list ini akan terus saya update jika saya menemukan adanya library javascript lainnya yang saya rasa bisa dijadikan opsi saat kita sedang mengembangkan project program berbasis web, karena seiring dengan terus berkembangnya bahasa yang satu ini, saya cukup yakin kalau library-library keren seperti yang sudah kita bahas diatas akan terus bermunculan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *