tutorial laravel

Keunggulan Laravel, Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Laravel

Dari pengalaman pribadi menjadi seorang web developer, menggunakan framework laravel merupakan suatu pengalaman yang sangat menarik, mulai memakai laravel sejak 2016 saya menemukan beberapa kenggulan laravel dibandingkan ketika menggunakan php native (saya tidak bermaksud mengecilkan penggunaan php native atau framework lainnya, ini hanyalah opini berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan laravel). Dan berikut ini beberapa point keunggulan laravel yang dapat memberikan kemudahan dalam proses pengembangan aplikasi berbasis website.

BACA JUGA : https://soft-gain.com/2020/06/30/fitur-rahasia-laravel-tips-dan-trick-tersembunyi/

1. Keunggulan Mekanisme Otentikasi dan Otorisasi

Sebagai seorang developer, mekanisme otentikasi dan otorisasi user menjadi hal yang sangat penting, tentu kita tidak ingin user yang tidak terotentikasi memiliki akses data, tentunya laravel juga memberikan kemudahan untuk proses otorisasi user (kelebihan lain yang ditawarkan adalah kita dapat membuatnya sendiri ataupun dengan memakai plugin). Dan laravel secara default sudah menyiapkan beberapa mekanisme untuk mencegah hal seperti itu terjadi, dimulai dari otentikasi user saat memakai aplikasi ataupun otentikasi saat client memakai aplikasi dalam skema berbasis web service / API.

2. Kelebihan untuk Keamanan Aplikasi

Salah satu keunggulan dan kelebihan laravel terletak pada keamanan aplikasi untuk
vulnerability standar yang kerap kita jumpai seperti sql injection, cross-site scripting, and cross-site request forgery, Anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah vulnerability pada aplikasi yang sedang Anda kembangkan karena laravel sudah menyiapkan mekanisme standar untuk men-prevent masalah-masalah tersebut.

3. Kemudahan Konfigurasi pada Cache System

Salah satu kelebihan laravel adalah kemudahan integrasi antara apikasi kita dengan caching sistem seperti menggunakan memcached, redis ataupun menggunakan database. Saya sendiri menggunakan redis sebagai third party untuk menghandle cache system untuk aplikasi. Kemudahan proses konfigurasi membuat saya tidak perlu menghabisan banyak waktu untuk mengintegrasikan aplikasi dengan sistem cache yang sudah disediakan laravel.

4. Kemudahan Otomisasi Scheduling Task

Salah satu yang kelebihan laravel lainnya adalah kemudahan kita dalam pembuatan scheduling task. Laravel sudah menyiapkan module khusus yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan task otomatis yang bisa dijalankan secara periodik dengan memanfaatkan cron di os linux atau task scheduler di os windows. Kemudahan konfigurasi lagi-lagi menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh laravel, jika tertarik untuk mempelajari bagaimana langkah-langkah untuk menggunakan fitur scheduling task memakai laravel silahkan dibaca pada artile ini.

5. Memiliki Keunggulan untuk Queue System

Laravel juga memiliki keunggulan dan kelebihan pada kemudahan jika ingin menggunakan suatu mekanisme queueing task pada aplikasi, beberapa driver yang bisa digunakan adalah amazon sqs, beanstalkd, redis dan salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah kita dapat memanfaatkan database untuk menggunakan fitur ini tanpa harus menggunakan driver tambahan.

Penutup – Keunggulan dan Kelebihan Laravel

Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah dengan memakai laravel kita bisa menghemat penggunaan waktu kita dalam membuat sebuah aplikasi, kita juga bisa lebih memfokuskan diri pada logic bisnisnya karena laravel sudah menyiapkan beberapa fitur yang bisa dikonfigurasi dengan mudah, terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang ada pada framework laravel itu sendiri. Berikut tadi adalah beberapa keunggulan dan kelebihan yang ingin saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi memakai laravel, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *