mysql vs sql server

MySql vs Sql Server, perbandingan mana yang lebih baik?

MySql vs Sql Server – Antara mysql dan sql server (atau mssql), merupakan dua dari sekian banyak database berbasis sql yang banyak digunakan oleh developer dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Sampai sekarang masih sering terjadi perdebatan mana yang lebih baik diantara mysql dan sql server. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas perbandingan antara keduanya.

Survey perbandingan penggunaan database pada tahun 2020
Sumber : https://insights.stackoverflow.com/survey/2020#technology-databases

BACA JUGA : Tutorial backup database mysql secara otomatis memakai cron job

MySql vs Sql Server

Berikut ini adalah point-point perbedaan mysql dan sql server secara umum :

  1. Lisensi, sql server adalah software berlisensi yang harus dibeli terlebih dahulu agar dapat digunakan, sedangkan mysql ada yang berlisensi open source sehingga dapat digunakan secara gratis.
  2. Kompabilitas, sql server sering kali digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman .NET, sedangkan mysql lebih sering digunakan dengan PHP.
  3. Syntax, banyak sumber yang mengatakan bahwa secara keseluruhan syntax milik sql server lebih mudah dipahami, sedangkan syntax milik mysql sedikit lebih complex.
  4. Storage Engines, sql server secara eksklusif hanya menggunakan satu storage engines yang dikembangkan langsung oleh microsoft, berbeda dengan mysql yang bisa menggunakan banyak storage engines contoh yang sering dipakai adalah MyIsam dan InnoDb.
  5. Backup dan Restore, perbedaan terletak pada saat proses backup sedang berlangsung, dimana mysql akan mengunci database untuk mencegah terjadinya perbedaan data sedangkan sql server tetap dapat digunakan selama proses sedang berlangsung.
  6. Security, keduanya sama-sama memiliki standar keamanan yang baik, hanya saja berbeda dengan mysql yang memungkinkan users mengakses dan merubah file database secara langsung, sql server tidak memungkinkan hal itu untuk dilakukan, sehingga banyak yang menyimpulkan jika sql server lebih unggul dalam hal keamanan data.

Perbedaan syntax mysql dan sql server

Berikut ini beberapa perbedaan syntax antara mysql vs sql server :

# Database version
select @@VERSION # sql server
select VERSION() # mysql

# Concatenation
select ('sql' + 'server') # sql server
select concat('my', 'sql') # mysql

# Select top record
select top 10 * from table_name # sql server
select * from TableName where id = 2 limit 10 # mysql

# Get current date
select GETDATE() # sql server
select NOW() # mysql

# Generate GUID
select NEWID() # sql server
select UUID() # mysql

# Length string
select LEN(string_data) from name_table # sql server
select CHARACTER_LENGTH(string_data) from name_table # mysql

# Select random record
select TOP 1 * from name_table ORDER BY NEWID() # sql server
select * from name_table ORDER BY RAND() LIMIT 1 # mysql

# Auto increment definition
name_table INT IDENTITY PRIMARY KEY # sql server
name_table INTEGER AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY # mysql

Performance mysql vs sql server

Untuk aplikasi skala besar keduanya ada di level performa yang hampir sama, keduanya juga bisa memungkinkan untuk menggunakan multi database pada satu server yang sama, keduanya juga mendukung metode index yang bisa dimanfaatkan untuk menambah kecepatan pada proses membaca data.

Namun berdasarkan studi yang dilakukan oleh IJARCCE (International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering), perbedaan signifikan ada pada query select statement dengan data lebih dari 3000 baris, bisa disimpulkan kalau mysql membutuhkan waktu hampir 3 kali lipat dibandingkan sql server (disini sql server unggul karena lebih cepat), namun untuk insert statment mysql sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan sql server (disini mysql yang lebih unggul). Informasi lebih lengkap bisa diakses disini.

BACA JUGA : Cara backup dan restore database sql server

Kesimpulan

Kita telah membahas kelebihan dan kekurangan antara mysql vs sql server, bisa disimpulkan jika kita hendak mengerjakan projek dengan skala kecil atau menengah, terbatas dalam hal budget dan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, maka mysql bisa menjadi pilihan yang baik. Namun jika projek yang dikembangkan berskala besar, anda membutuhkan keamanan data serta performa yang lebih baik maka pilihan anda adalah sql server. Pilihan akhirnya anda lah yang menentukan, karena pertanyaan mana yang lebih baik menggunakan mysql atau sql server itu sebenarnya kuranglah tepat, karena semuanya dikembalikan lagi pada mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Terima kasih.

NOTE : Jika tertarik mempelajari lebih tentang mysql dan sql server, bisa dibaca pada dokumentasi resminya di :
https://docs.microsoft.com/en-ie/sql/sql-server/?view=sql-server-ver15
https://dev.mysql.com/doc/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *