Framework PHP Terbaik 2020

Framework PHP Terbaik 2020

Framework PHP Terbaik 2020 – PHP telah menjelma menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer beberapa tahun ini, bahkan jika mengacu pada survey dari w3techs.com maka php ada diurutan pertama dengan total angka 79% (pertanggal 27 juli 2020 saat artikel ini dibuat). Berbekal lisensi yang bersifat open source, terciptalah banyak framework php yang bisa membantu developer dalam pengembangan aplikasi berbasis website. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan 5 framework php terbaik ditahun 2020.

Topik pencarian Framework PHP yang paling banyak dicari pada tahun 2020 berdasarkan Google Trends

Jika mengacu pada data yang disajikan oleh Google Trends dibawah ini, bisa kita urutkan bahwa framework laravel ada diurutan pertama, disusul codeigniter, yii, lalu zend dan cakephp.

Daftar framework PHP terbaik tahun 2020

1. Laravel

Sejak di release ada tahun 2011, laravel menjadi salah satu framework php yang sangat populer, terkenal berkat kemampuannya menyederhanakan common task seperti caching, routing dan otentikasi membuat framework yang satu ini semakin populer saja ditahun 2020.

BACA JUGA : kelebihan dan kekurangan menggunakan laravel

2. CodeIgniter

Sudah ada semenjak tahun 2008, framework yang satu ini terkenal dengan ukurannya yang mungil dan kesederhanaan konfigurasi serta kecepatanntya. Didukung dengan komunitas yang besar dan dokumentasi yang lengkap, framework yang satu ini benar-benar bisa memudahkan pekerjaan seorang developer bahkan untuk pemula sekalipun. Dan karena kemudahan dan kualitasnya itulah maka saya rasa framework ini layak masuk dalam 5 daftar terbaik.

3. Yii

Yes it is! Adalah sebuah framework php yang dikembangkan berdasarkan konsep Don’t Repeat Yourself (DRY), fitur yang menjadi andalannya adalah Gii, yang merupakan sebuah code generator yang bisa digunakan untuk membuat models, forms, modules, CRUD dan lain-lain. Framework ini juga menawarkan fitur security yang terbaik sehingga banyak digunakan untuk membuat website portal, forum, eCommerce dan lain-lain.

4.  Zend

Merupakan framework php terbaik untuk aplikasi berskala besar (enterprise application), dibuat dengan standar top practice php yang tinggi framework yang satu ini menawarkan semua kemudahan yang dibutuhkan untuk pembuatan aplikasi yang complex menggunakan php. Berbanding lurus dengan standar nya yang tinggi, framework yang satu ini tergolong sulit untuk dipelajari, terutama untuk pemula. Namun jika menyasar aplikasi berskala besar, framework ini adalah pilihan yang terbaik.

5. CakePHP

Pertama di release pada tahun 2005, framework ini tetap mampu mempertahankan eksistensi nya berkat keunggulannya pada pengembangan commercial application (hospitals, schools, churches, hotels, supermarkets). Mengklaim 100% backward compatibility yang menjadikannya framework yang mudah untuk diupdgrade dan juga dengan proses instalasi yang mudah menjadikan framework ini salah satu pilihan yang baik untuk developer.

Lebih baik pakai framework php yang mana?

Jawaban dari pertanyaan ini dikembalikan pada kita sebagai developer, bisa disimpulkan diatas bahwa masing-masing framework memiliki kelebihannya dan kekurangan, point dimana framework tertentu lebih populer dari yang lain tidaklah menjadi acuan kita dalam memilih, tetapi dikembalikan dan disesuaikan lagi pada kebutuhan mana yang lebih cocok dan mana framework yang lebih sesuai, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *