Apa Itu Prestashop

Apa Itu Prestashop – Cara Membuat Toko Online Gratis

Apa itu prestashop? Prestashop adalah sebuah sebuah solusi toko online gratis (dibawah lisensi OSL, Open Software License) yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Telah dipakai lebih dari 300.000 toko online dan tersedia dalam 60 bahasa, prestashop adalah solusi pembuatan toko online berbasis website yang layak dicoba (sumber informasi : https://en.wikipedia.org/wiki/PrestaShop).

BACA JUGA : Plugin gratis untuk cek ongkir menggunakan prestashop

Prestashop Adalah…

Pertama kali diluncurkan tahun 2007, prestashop ini bersifat open source sehingga bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, pun jika Anda tidak memiliki dasar mengenai bahasa pemrograman, Anda tidak perlu khawatir karena prestashop ini platform berbasis CMS (Content Management System) yang artinya kita bisa memodifikasi konten yang ada melalui halaman antar muka yang sudah disediakan.

Prestashop juga memiliki banyak sekali plugin dan template yang bisa download secara gratis maupun berbayar, proses instalasi yang mudah serta didukung dengan tampilan pada halaman administrator yang user friendly membuat prestashop menjadi sebuah platform toko online yang mudah untuk dikelola.

Tidak hanya itu, toko online yang dibuat menggunakan prestashop juga sangat mudah dipakai menggunakan smartphone, hal ini karena prestashop memiliki tampilan yang responsive. Fitur-fitur penting seperti keranjang, pengiriman menggunakan kurir, pembayaran dan lain-lain juga sudah disediakan oleh prestashop.

Dan untuk para developer yang tertarik mengoprek-oprek isi dari prestashop, maka tidak perlu khawatir karena prestashop memiliki dokumentasi yang cukup lengkap dan juga tersedia forum tanya jawab yang bisa digunakan sebagai media diskusi.

BACA JUGA : Tutorial membuat module prestashop sendiri

Prestashop yang tidak sempurna

Tak ada gading yang tak retak, dibalik segudang fitur dan kemudahan yang ditawarkan, prestashop juga memiliki kekurangan. Berdasarkan riset dan pengalaman pribadi menggunakan prestashop, maka platform yang satu ini memiliki dua kelemahan yang sangat terasa :

  1. Kecepatan, untuk urusan kecepatan prestashop akan terasa kurang cepat apalagi bila kita menggunakan atau mengaktifkan seluruh fitur yang ada pada prestashop.
  2. Penggunaan memory yang besar, tidak hanya kurang maksimal dalam hal kecepatan, penggunaan memory juga menjadi hal yang mendapat sorotan, hal ini juga terjadi apa bila kita mengaktifkan seluruh fitur yang ada pada platform prestashop.

Penutup

Dan itulah pengenalan singkat mengenai apa itu prestashop, sebetulnya prestashop itu sendiri adalah sebuah platform toko online gratis yang sangat worth it untuk digunakan, karena dibandingkan dengan membuat sebuah toko online dari awal, maka menggunakan prestashop tentu akan lebih menghemat lebih banyak waktu dan biaya (apa lagi jika kita tidak memiliki background sebagai seorang developer).

Dibalik kekurangannya pada kecepatan dan penggunaan resource yang cukup besar, saya rasa kedua hal tersebut masih bisa diperbaiki dan dioptimasi lagi supaya lebih maksimal, karena menurut saya hal-hal yang menjadi kekurangan dari prestashop tadi, menjadi harga yang cukup setimpal dengan kemudahan yang ditawarkan. Demikian, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *