Activity Monitor Sql Server

Activity Monitor Sql Server, Tutorial Monitoring Sql Server

Activity monitor adalah salah satu tools untuk melakukan aktivitas monitoring yang disediakan langsung oleh sql server (tools untuk monitoring ini akan langsung tersedia setelah kita menginstall sql server management studio). Tools ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki kebutuhan untuk monitoring sql server, dan juga berguna sebagai acuan trace jika terjadi issue pada server.

BACA JUGA : tutorial backup dan restore database sql server

Dengan menggunakan activity monitor, kita dapat memperoleh informasi terkait penggunaan resource dan process yang sedang berjalan pada server dan berikut ini adalah informasi yang bisa kita peroleh melalui activity monitor pada sql server :

  • Proses sql server yang sedang berjalan.
  • Proses sql server yang sedang menunggu antrian (waits).
  • I/O data files.
  • Resources yang terpakai pada proses yang sedang berjalan.
  • Recent expensive query (yang artinya, menampilkan informasi berupa list query mana saja yang dianggap memakan resources server cukup besar saat dijalankan).

Adapun untuk dapat mengakses informasi yang disediakan oleh activity monitor, user harus memiliki VIEW SERVER STATE permissions, jadi pastikan user yang digunakan untuk login dan mengakses informasi pada activity monitor memiliki permissions yang disebutkan tadi.

Tutorial Monitoring Sql Server
Contoh user yang tidak memiliki permissions Overview (paused).

Cara pakai dan penjelasan sql server activity monitor

Untuk mulai menggunakan activity monitor pada sql server, silahkan login terlebih dahulu, selanjutnya klik kanan pada server name dan pilih activity monitor. Activity monitor itu sendiri dibagi menjadi 5 bagian, dan berikut ini rincian sekaligus penjelasannya :

1. Overview

Activity Monitor Sql Server
Contoh bagian overview

Bagian ini berisi rangkuman dari semua informasi dalam bentuk grafik, informasi yang ditampilkan berupa penggunaan prosesor, waiting task, database I/O dan batch request per-second.

2. Processes

Processes Monitoring´╗┐ Sql Server
Contoh bagian proses

Merupakan detail dari proses yang sedang berjalan pada sql server, informasi yang ditampilkan meliputi session id, login, database dan command yang dieksekusi. Pada bagian ini juga kita bisa mendapatkan informasi jika ada proses yang diblock karena berbenturan dengan proses lainnya.

3. Resource waits

Resource waits Sql Server
Contoh bagian resource waits

Berisikan informasi tentang proses apa yang sedang menunggu untuk dieksekusi (ditampilkan juga waktu yang dihabiskan selama proses menunggu).

4. Data file I/O

Data file I/O´╗┐ Sql Server
Contoh bagian data I/O

Menampilkan informasi tentang physical database files yang digunakan dan juga recent performancesnya.

5. Recent expensive queries

Recent expensive queries Sql Server
Contoh bagian expensive query

Adalah informasi yang menunjukan detail dari query yang dianggap telah menggunakan resource server dengan cukup besar. Dari list inilah bisa menjadi acuan mana saja query yang kita anggap perlu untuk dioptimasi.

Penutup

Activity monitor adalah tools monitoring sql server yang sangat berguna sekali untuk kita sebagai database administrator saat melakukan proses analisa masalah dan pemantauan pada server yang kita handle, penggunaannya yang relatif mudah dan ketersediannya yang sudah satu paket dengan sql server menegament studio dapat mempermudah database administrator dalam memantau aktivitas pada database engine. Kiranya itu saja pembahasan kali ini, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *