cara-membuat-website

Apa itu HTML CSS dan Javascript

Apa itu html css dan javascript – Html css dan javascript, bisa dikatakan adalah hal-hal yang wajib dikuasai jika kita sedang mencoba mempelajari bahasa pemrogramman berbasis website. Terlebih lagi bila kita ingin lebih mengkhususkan diri menjadi seorang front end developer.

Berbeda dengan html, css dan javascript memiliki banyak turunan yang bisa berupa framework atau pun menjadi sebuah library/plugin sendiri. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas ketiganya, html css dan javascript, serta mencoba menjabarkannya secara singkat dan sederhana tentang peranannya masing-masing.

Berkenalan dengan html css dan javascript

Html css dan javascript adalah tiga hal yang berbeda tetapi tidak bisa dipisahkan, jika kita analogikan secara sederhana sebagai sebuah mobil, html adalah kerangka nya, css adalah bodynya sedangkan javascript adalah mesinnya.

Berbeda dengan bahasa pemrogramman back end (seperti php atau asp) yang di eksekusi di sisi server, ketiganya berjalan bersama-sama pada bagian front end sebagai satu kesatuan dan di eksekusi pada sisi client (di eksekusi pada web browser).

Html

Html sendiri merupakan singkatan dari hypertext markup language, merupakan sebuah (bukan termasuk bahasa pemrogramman) markup atau kerangka yang didalamnya bisa kita sisipkan css maupun javascript.

BACA JUGA : https://soft-gain.com/2022/05/29/apa-itu-html-penjelasan-dan-cara-kerja-html/

CSS

Css (Cascading Style Sheets) adalah bahasa yang bisa kita sisipkan pada html. Css lah yang memberikan atau menggambarkan bagaimana elemen pada html akan ditampilkan. Pertama kali ditemukan pada 10 oktober 1994 oleh HÃ¥kon Wium Lie, sekarang css telah menjelma menjadi sebuah bahasa style sheet yang sangat fundamental penggunaannya.

Versi terakhir dari css adalah css3, selain itu css juga memiliki beberapa framework seperti bootstrap contohnya yang bisa kita gunakan untuk memudahkan kita dalam membuat sebuah website. Dengan menggunakan bootstrap, kode – kode css tadi sudah disiapkan kedalam sebuah kerangkan kerja yang bisa kita gunakan hanya dengan memanggil class maupun id. Penggunannya yang mudah dan juga sudah support responsive (tampilan dapat menyesuaikan pada perangkat yang lebih kecil) membuat bootstrap menjadi salah satu framework css primadona bagi front end developer.

Cara menyisipkan css sendiri ada 3, external internal dan inline. Dalam penggunaan external, kode kode css ditulis pada file terpisah dan pemanggilan pada html biasanya menggunakan class atau id. Sedangkan internal kode css biasa nya ditulis pasa dokumen html yang sama. Berbeda dengan keduanya, penulisan inline disematkan langsung pada objek atau elemen html.

Javascript

Dikembangkan pada 1995 oleh netscape, javascript telah menjadi fenomena tersendiri dikalangan web developer belakangan ini. Bagaimana tidak? Penggunannya yang cukup mudah, banyaknya library/plugin yang bisa kita pakai gratis, framework yang terus bermunculan, ditambah lagi hadirnya node js (javascript yang bisa dioperasikan sebagai web server) membuat javascript semakin powerfull saja beberapa tahun ke belakang ini.

Salah satu kehebatan dari javascript adalah kemampuannya untuk membuat sebuah halaman website menjadi lebih interaktif bagi pengguna. Dengan meng klik tombol tertentu misalnya kita bisa menampilkan beberapa baris data tanpa harus memuat ulang keseluruhan halaman pada browser atau bahkan kita bisa memanfaatkan javascript untuk melakukan pertukaran data antara client dan server dengan memanfaatkan metode AJAX.

Javascript, sepertinya memang menjadi sebuah keharusan untuk dikuasai baik oleh front end developer maupun back end developer (mengingat adanya node js) untuk saat ini. Mengingat javascript yang menjadi salah satu bahasa pemrogramman terpopuler saat ini, saya rasa javascript akan bertahan dan terus digunakan dalam waktu yang lama.

Jadi, apa itu html css dan javascript?

Ketiga nya adalah bahasa yang berbeda namun saling berkaitan dan sama sama dijalankan pada sisi client, html css dan javascript merupakan bahasa yang wajib untuk dikuasai. Melihat ketiganya yang mudah untuk digunakan dan dipelajari serta semakin banyaknya komunitas dan pengguna, seperinya html css dan javascript akan dan tetap menjadi fundamental bagi front end developer.

SUMBER :

https://en.m.wikipedia.org/wiki/HTML

https://en.m.wikipedia.org/wiki/CSS

https://en.m.wikipedia.org/wiki/JavaScript

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *